Senin, 03 Oktober 2011

PENDIDIKAN KARAKTER

Dunia pendidikan di Indonesia berkembang begitu dinamis. Perubahan kurikulum, Perubahan undang-undang dan peraturan-peraturan lain yang menyertainya sampai dengan pembayaran tunjangan sertifiasi guru. Perubahan yang dinamis itu menggambarkan upaya peningkatan mutu dalam dunia pendidikan.

Harapan akan pendidikan berkualitas begitu besar. Pendidikan kita harus mampu  menghasilkan generasi muda yang memiliki sikap dan wawasan keimanan dan akhlak tinggi, kemerdekaan dan demokrasi, toleransi dan menjunjung hak asasi manusia, serta berpengertian dan berwawasan global.

Keprihatinan kita terhadap beberapa sikap dan prilaku para subyek belajar dewasa ini dengan maraknya tawuran, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba dapat cepat direspon oleh para pakar pendidikan di Indonesia dengan munculnya konsep PENDIDIKAN KARAKTER.

Konsep pendidikan karakter harus aplikatif. Semoga tidak hanya sebagai konsep brilian yang letaknya di atas kepala para pelaku pendidikan tapi harus bisa sebagai hamparan alas pijak bagi tenaga pendidik dalam mengajar dan mendidik peserta didiknya.

Di MAN Cirebon I (bahkan seluruh madrasah), pendidikan karakter berbasis akhlak sudah menjadi kurikulum inti, dalam struktur kurikulum madrasah terdapat kurikulum khas madrasah yang merupakan kurikulum pendidikan karakter berbasis akhlak, yaitu mata pelajaran akidah, akhlak, sejarah kebudayaan Islam, Al-Qur'an, Hadits, Fikih dan Bahasa Arab.

Potensi sumber daya MAN Cirebon 1 sangat mendukung pendidikan karakter berbasis akhlak. ini terbukti dengan berhasilnya MAN Cirebon 1 meraih banyak prestasi oleh siswa baik dalam bidang akademik maupun non-akademik dengan mengutamakan sikap dan prilaku hormat, sopan, dan rendah hati.

Pola pembinaan yang dilakukan di MAN Cirebon 1 berorientasi pada dua sisi. Sisi prestasi dan sisi karakter khas. Sisi prestasi dengan sistem target pencapaian yang harus dicapai oleh siswa dan pembina, sedangkan sisi karakter adalah pembentukan watak melalui pembiasaan dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler di MAN Cirebon 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar